arti dari nama gautama prawira

ada 1 yang gw bingung, kenapa nama gw sama bokap gw india banget yah? padahal gw nggak ada keturunan india sama sekali deh beneran. nama bokap gw Gandhi dan nama gw Gautama, bener bener india.

ini mahatma gandhi

ini mahatma gandhi

kalo gw search di google “gandhi”, Mahatma Gandhi yang keluar, ini bukan bokap gw

ini sidharta gautama

ini sidharta gautama

nah kalo gw search “gautama” di google yang keluar Sidharta Gautama, ini juga jelas bukan gw dong

maaf ya itu bukan maksud menyinggung, tapi itu buat dorongan buat gw aja. gw pengen kalo search gautama di google yang keluar foto gw, kapan ya bisa gitu?

balik ke nama, berarti udah jelas kalo nama gautama merupakan beban berat, gw mesti bisa jadi orang yang hebat kayak Sidharta Gautama. masa gw gini gini aja sih? mending ganti nama aja deh gw kalo nggak bisa apa apa.

sebenernya dulu gw dikasih nama Muhammad Gautama Prawira Putra, tapi Muhammadnya diilangin pas gw umur 6 taun karena sakit sakitan. kata pak ustadz sih namanya keberatan. loh? iya sih kalo gw pikir pikir ada nama 2 pemuka agama di nama gw. terus di kartu keluarga nama gw ditulis Gautama Prawira, putranya ilang?!! jadinya nama gw cuma Gautama Prawira, kasian juga sih dipangkas pangkas mulu namanya, kayak rambut aja.

usut punya usut, ternyata Gautama Prawira merupakan sebuah kepanjangan. tapi gw nggak tau yang ngasih nama ini kakek ato bokap gw. Gautama itu kepanjangan dari Gandhi yang utama, maksudnya gw anak yang utama.

gw cari di kamus besar bahasa indonesia dapetnya begini :

uta·ma a 1 terbaik; nomor satu; amat baik; lebih baik dr yg lain-lain; 2 terpenting; pokok: soal tradisi di daerah menjadi soal — dl uraian; tujuan — pelajaran kesusastraan ialah untuk menumbuhkan minat baca anak-anak; hasil — daerah itu ialah kedelai; dl drama itu ia memegang peran –;
meng·u·ta·ma·kan v menjadikan (memandang dsb) utama; menganggap lebih penting (perlu); mementingkan; mendahulukan; menitikberatkan: kami lebih ~ kesehatan dp harta;
ter·u·ta·ma a 1 paling utama (penting, perlu): yg ~ kita pikirkan sekarang ialah bantuan pangan kpd para korban gempa bumi; 2 pokok; pertama sekali: kenaikan pendapatan itu ~ berasal dr pajak; 3 lebih-lebih; teristimewa: tidak mudah menjadi ibu yg baik, ~ bagi wanita karier; seluruh pemuda, ~ pelajar dan mahasiswa, pasti mendukung rencana itu;
peng·u·ta·ma·an n proses, cara, perbuatan mengutamakan;
ke·u·ta·ma·an n 1 keunggulan; keistimewaan; hal yg penting (terbaik, unggul, dsb): cara yg satu harus dapat meningkatkan ~ cara yg lain; 2 kebaikan budi pekerti: kebijaksanaan untuk rela berkorban adalah ~ yg sulit dicari

panjang amet ya? intinya maksud dari Gautama itu anak gandhi yang pertama.

nah sekarang Prawira bukan perwira yah, kalo perwira sih tentara, serem juga nama gw kalo pake perwira. gw cari lagi di kamus besar dapetnya :

pra·wi·ra Jw a berani; gagah; perwira

mantep ga tuh? hahaha.. tapi ternyata ada perwiranya juga, bingung gw jadinya. kalo gitu gw serem dong? alah emangnya setan.

berarti harapan bokap ato kakek gw dengan ngasih nama ini biar gw bisa jadi anak laki laki yang berani. tapi beneran deh gw baru mikir arti dari nama gw ini pas gw nulis entry ini. berat juga ya ternyata.

~ by utaaa on September 2, 2009.

Leave a Reply

 
